MAKE UP BERDASARKAN BENTUK WAJAH


Setiap wajah sesorang memiliki bentuk dan karakteristik wajah yang berbeda-beda. Sebelum kita mengaplikasikan make up pada wajah, ada baiknya kita mengetahui  dahulu bentuk-bentuk wajah. 

Make up merupakan hal yang penting karena dapat menonjolkan karakteristik dan memberi dimensi sehingga membuat wajah lebih menarik. Tapi banyak diantara kita yang tidak tahu bagaimana menggunakan the magic of make up.

Hal-hal yang harus kita ketahui sebelum proses make up adalah:
Pertama kita harus mengenal bentuk wajah kita, caranya:
- Pengukuran (1) , ukur wajah dari batas tumbuhnya rambut di dahi sampai bagian dagu menggunakan alat pengukur badan (untuk membuat pakaian)
- Hasil dari pengukuran (1) dibagi tiga.
Contoh: hasil diatas adalah 21cm maka 21 : 3 = 7cm(2)
- Ukur bagian bawah hidung sampai ke dagu (3)
Jika jumlah pengukuran ke(3) = jumlah pengukurann ke(2) maka berbentuk Oval
Jika jumlah pengukuran ke(3) > jumlah pengukurann ke(2) maka berbentuk Panjang
Jika jumlah pengukuran ke(3) < jumlah pengukurann ke(2) maka berbentuk Bulat
Jika lebar pelipis = lebar rahang, maka wajah Anda berbentuk Segi empat
Jika lebar pelipis > lebar rahang dengan bentuk memanjang, maka wajah Anda berbentuk Segi tiga

Diatas adalah pengukuran berdasarkan panjang wajah, selanjutnya dari pengukuran diatas dibedakan lagi berdasarkan bentuk dahi.
- Wajah oval jika dahinya juga berbentuk oval
- Pipi dan dagu berbentuk oval dengan dahi persegi maka menjadi Oblong atau Oval persegi.
- Wajah persegi ada dua macam, persegi panjang dan segi empat
- Wajah segi tiga ada dua macam, segi tiga dengan bagian dahi kecil dan segi tiga terbalik dimana bagian pipi dan dagu mengecil
- Sisanya adalah wajah berbentuk bulat, wajik dan hati

Untuk mempermudah silahkan melihat gambar dibawah:
















Untuk mendapatkan hasil make up atau tata rias yang cantik dan sempurna, maka akan diperlukan teknik khusus yang disesuaikan dengan model bentuk wajah seseorang   seperti di bawah ini:


1. Wajah Oval



Bentuk wajah Oval dikategorikan sebagai bentuk wajah yang paling ideal. Bentuk wajah oval biasanya memiliki struktur wajah panjang dengan tulang rahang yang tidak terlalu menonjol. Karena bentuk wajah ini ideal,  maka tidak diperlukan koreksi dalam riasan atau make up.

2. Wajah Bulat


Bentuk wajah bulat memerlukan koreksi dalam riasan atau make up. Bentuk wajah ini cenderung lebih pendek dari wajah oval. Wajah Bulat memiliki jarak dahi ke dagu yang kurang lebih berjarak sama dengan jarak antara pelipis kiri ke pelipis kanan, berpipi bulat, serta tulang rahang yang tidak terlalu kuat atau mononjol.

3. Wajah Buah Pir
 


Bentuk Wajah Buah Pir memang tampak seperti buah Pir. Bentuk wajah ini memiliki tulang rahang dan pelipis yang lebih sempit dari tulang rahang. Bentuk wajah buah pir ini memerlukan koreksi dalam make up.

4. Wajah Persegi


Bentuk Wajah Persegi terkesan berbentuk kotak. Bentuk wajah ini memiliki lebar pelipis dan rahang yang kurang lebih sama. Dagu lebih dan tidak begitu lancip, dan biasanya memiliki tulang rahang yang kuat atau menonjol. Bentuk wajah persegi ini pun memerlukan koreksi dalam riasan wajah.

5. Wajah Panjang

Bentuk Wajah Panjang memiliki tulang rahang yang tidak terlalu menonjol, namun memiliki tulang dagu yang lebih panjang dan menonjol. Dan biasanya, bentuk wajah panjang memiliki jarak mata ke dahi yang lebih jauh atau lebih panjang dari bentuk-bentuk wajah lainnya. Diperlukan koreksi dalam make up wajah pada bentuk wajah panjang.

6. Wajah Segi Tiga

Bentuk wajah Segi Tiga memiliki pelipis yang lebih lebar dibanding rahang, dengan dagu yang cukup panjang. Bentuk wajah seperti ini juga memerlukan koreksi dalam make up.

7. Wajah Diamond


Bentuk Wajah Diamond memiliki dahi yang sempit, pelipis serta daerah pipi yang lebih lebar dari ukuran idealnya. Dagu pada wajah diamond lebih lancip dan cenderung panjang. Maka akan diperlukan koreksi bentuk wajah dalam tata riasan atau make up.
Kekurangan pada bentuk wajah dapat dikoreksi dengan menggunakan foundation atau blush on dengan cara membuat shading.
Macam-macam bentuk wajah ini perlu kita ketahui untuk dijadikan dasar dalam teknik tata rias atau teknik make up.Kesemua tips tata rias wajah ini bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil rias wajah atau hasil make up wajah yang memberikan kesan anda tampil lebih cantik dan sempurna.